Jakarta, Kemendikbud--- Kegiatan Sosialisasi Program Kerja Reformasi Birokrasi yang diselenggarakan pada tanggal 2-4 September di Grand Tjokro Hotel Yogyakarta merupakan kegiatan terakhir pada serangkaian Kegiatan Sosialisasi Program Kerja Reformasi Birokrasi Kemendikbud. “Adanya RBI diharapkan dapat merubah pelayanan yang buruk menjadi pelayanan yang baik dengan adanya 8 area perubahan” tutur Kepala Biro Umum selaku Ketua Tim Kerja RB Kemendikbud.
Sekretaris Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kemenpan-RB Didid Noordiatmoko mengatakan, pegawai (SDM) sangat berperan dalam bagaimana merubah perilaku birokrasi menjadi lebih baik serta cara efektif untuk merubah perilaku seseorang menjadi lebih baik adalah dengan dipaksa, contoh perbaikan kehadiran pegawai dengan pemberlakuan penggunaan mesin presensi.
“Telah dilakukan survey terhadap integritas organisasi di lingkungan Kemendikbud dengan nilai total yang diperoleh adalah 3,58 dari skala 4 dan dinyatakan baik,” tambah Didid Noordiatmoko selaku Sekretaris Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kemenpan-RB saat menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.
Perubahan-perubahan dibutuhkan secara lebih cepat untuk menuju birokrasi yang lebih baik, dengan tujuan memperkecil kesenjangan antara yang diharapkan oleh masyarakat dengan hasil yang diberikan oleh pemerintah. (dinda)