Kemendikbudristek, Jakarta – Kamis - Sabtu, 26 s.d 28 Januari 2023, di Hotel Mercure Tangerang Center, Tangerang, Banten, telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Pemutakhiran Data Aplikasi SISMINRA dan Mekanisme Penginputan Data SPT Tahunan Pada Aplikasi SISMINRA. Kegiatan ini diikuti oleh Pengelola Belanja Pegawai dari Satker Pusat dilingkungan Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, serta Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI). Acara dibuka Kepala Biro Umum dan Pengadaan Barang dan Jasa yang dalam kesempatan ini diwakili Kepala Bagian Tata Usaha, Bapak Manifes Zubayr. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Aplikasi SISMINRA atau Sistem Administrasi bendahara ini telah ada sejak tahun 2016 dan terus dilakukan proses penyempurnaan. “Dengan adanya Aplikasi SISMINRA ini telah merekapitulasi belanja pegawai, baik gaji, tunjangan kinerja, honor, dan sebagainya selama setahun, oleh karenanya perlu praktik langsung bagi peserta untuk memahami bagaimana mekanisme pengisian datanya di aplikasi”, pungkas beliau.
Aplikasi SISMINRA dikembangkan dalam rangka untuk mempermudah pengelola keuangan dalam penginputan pajak, baik bulanan maupun tahunan. Bagi Pengelola Tunjangan Kinerja akan mempermudah penghiitungan pajak progresif saat pengajuan tunjangan kinerja. Aplikasi juga menyediakan fasilitas untuk membuat bukti potong A2 dan bukti potong final pegawai di satuan kerja masing-masing. Aplikasi dikembangkan dengan mengacu ke beberapa regulasi yang berlaku, seperti Peraturan Menteri Keuangan Nomor 12/PMK.03/2017 tentang Bukti Pemotongan dan/atau Pemungutan Pajak Penghasilan (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 248), dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 262/PMK.03/2010 tentang Tata Cara Pemotongan Pajak Penghasilan Pasal 21 bagi Pejabat Negara, PNS, Anggota TNI, Anggota Polri, dan Pensiunannya atas Penghasilan yang Menjadi Beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 601).
Acara berlangsung selama tiga hari, para peserta mengikuti kegiatan secara daring maupun luring. Terdapat sesi penjelasan seputar pelaporan SPT melalui https://djponline.pajak.go.id oleh Narasumber Bapak Mulyana Rustiawan, S.E. selaku Account Representative (AR) dari Kementerian Keuangan. Disampaikan juga bahwa Kemendikbudristek telah melaksanakan validasi NIK-NPWP kepada pegawai. Acara dilanjutkan dengan penjelasan seputar penggunaan aplikasi SISMINRA oleh tim pengembang dan diikuti praktik langsung oleh peserta serta tanya jawab. (Tim IT Biro Umum)